Cara Optimasi SEO On Page
6 Agu 2014
1 Komentar
Cara Optimasi SEO on page ini
sudah saya lakukan pertama kali awal blogging tahun 2010. Dengan pengetahuan
yang minim dan tidak ada guru yang mengajarkan maka prioritas saya waktu itu
adalah bagaimana membuat blog baik di mata mesin pencari terutama google.
Tanpa backlink dan pengetahuan
akan SEO, saya melakukan optimasi terhadap blog yang menjual software POS.
Hasilnya sangat menggembirakan waktu itu karena tergolong masih mahasiswa dan
bisa menjual puluhan software dengan keuntungan 1juta/software. Senang rasanya
karena awal mendapatkan uang sendiri ya dari hal tersebut.
Ups, melenceng dari tema tapi
tidak apa-apa itu sebagai spirit aja untuk mengetahui hasil dari SEO. Oke, kita
lanjut lagi ya SEO On Page nya. Dari uraian yang dituliskan pada jenis Teknik
SEO sudah tahu bukan faktor apa saja yang memperngaruhi SEO On page. Sekian
dari faktor tersebut akan kita bahas kali ini. Bersiap untuk menyimak dan
menghasilkan uang dari internet bukan? Ayo lest Go go go…
- Title Tag (Judul)
Title tag mempunyai peran paling
besar dalam SEO On Page. Ini menitik beratkan pada kata pertama yang menjadi
sasaran search engine dalam membaca
judul terlebih. Judul yang baik adalah judul yang mengandung keyword tertarget.
Contoh saja “cari usaha” namun dengan judul yang singkat maka kemungkinan untuk
menjaring keword lebih banyak akan sulit. Dan lebih baik lagi jika keywordnya
menjadi “cara cari usaha modal kecil”. Itu akan lebih enak untuk dibaca dan
tentunya banyak mengandung keyword turunan.
Perhatikan dalam memilih keyword
untuk judul karena baiknya sebuah judul itu maksimal 70 karakter. Jadi usahakan
kata yang utama jadi target berada di depan judul. (Baca: Cara Analisa Keyword yang tepat)
- Meta Description
Penggunaan meta description pada
blog terutama jenis blogspot sudah bisa di setting secara manual dengan cara
mengisi box description yang ada pada setiap postingan. Perlu diperhatikan
ketika mengisi description adalah panjangan kata tidak lebih dari 150 kata
karena setelah itu akan terpotong oleh snippet search. Usahakan tidak mengulang
kata yang sama sampai 3 kali karena ini bisa di indikasi spam oleh search
engine. Dan padatkan kata dengan kata yang tertarget pada setia bagian namun
relevan terhadap konten.
Penerapan pada title tag dan meta
description bisa saja menggunakan strategi keyword proximity yaitu kata kunci
yang memakai faktor kedekatan, lalu digunakan mesin pencari (atau relevansi)
yang ada di dekatnya. Faktor dekatnya kata kunci akan mengacu pada seberapa
dekatnya kata kunci yang membentuk kalimat dengan satu sama lain. Sebagai
contoh “Jual nasi uduk murah di jogja” dengan keyword tersebut bisa saja
menjadi : jual nasi, nasi uduk, jual nasi jogja, jual nasi murah, nasi uduk
jogja dan sebagainya. Teknik tersebut banyak saya gunakan untuk website toko
online yang kemungkinan besar banyak mengundak konversi hanya dengan satu title
dan meta description saja.
- Permalink / URL
Pada url yang ada pada postingan
usahakan menjadi keword dalam pencarian. Generate otomatis title untuk URL sudah bagus menurut saja
namun hal tersebut belum maksimal. Untuk memaksimalkan URL postingan blog maka
perlu custome URL ketika akan posting artikel.
Jika judul terlalu panjang maka
terpotong otomatis. Maka contoh judul yang baik adalah
http://language-komputer.blogspot.com/2014/08/apa-itu-seo.html . Tidak terlalu panjang dan
sangat menargetkan keyword.
- Heading tag
Buatlah herarki heading yang baik
dengan struktur H1 hanya ada satu pada setiap halaman diikuti dengan beberapa
H2, H3 dan H4. Ini cukup berpengaruh pada faktor SEO karena merupakan penekanan
terhadap sebuah keyword yang efektif.
- Internal Link
Kenapa wordpress itu bagus secara
SEO? Setelah diteliti struktur internal link pada wordpress mempunyai nilai
yang bagus. Dalam membangun internal link usahakan postingan satu dengan yang
lain salin berhubungan. Atau bisa juga dengan halaman utama blog. Ini juga
mempunyai dampak terhadap pembaca yang ingin tahu penjelas lebih jelas dari
kalimat yang ada dalam postingan.
- Quality Content
Banyak master SEO yang
membicarakan content is the king, namun ada juga yang bilang ah tidak percaya
dengan konten yang penting backlink. Saya termasuk orang yang percaya konten itu
sangat berpengaruh bagi kebaikan blog. Dari awal mulai ngeblog konten adalah
andalah saya untuk masuk kejajaran page one saat jualan dulu. Jadi buatlah
konten yang menarik dan mempunyai nilai lebih. Jika berkenan silahkan baca cara
membuat artikel SEO yang baik. (Baca: Cara Membuat Konten SEO friendly)
- SEO image
Ini adalah bagian dari on page
yang cukup memberi dampak. Dengan hanya menamah atribut alt dan title pada
setiap gambar maka kemungkinana besar gambar masuk page one jadi mudah.
Oke deh cukup sekian bahasan
tentang cara optimasi SEO Onpage. Mungkin masih banyak yang kurang dan perlu
perbaikan mari kita diskusi lagi disini.
bermanfaat gan makasih
BalasHapus