Pengalaman Kena Google Sandbox

google sandbox
Saya kaget ketika mengetik keyword dengan kata kunci “seribu pernak pernik ponsel android” koq tidak muncul dihalaman pertama google. Padahal beberapa menit lalu masih ada di halaman satu. Dicari sampai halaman 10 ternyata juga tidak nonggol. Saya bingung koq bisa ya begitu. Ternyata menurut sumber yang akurat blog saya dengan kata kunci “seribu pernak pernik ponsel android ” kena google sandbox. Wah kaget lagi kan baru dengar kata-kata  google sandbox, Maklum masih newbie.

Apa sih google sandbox itu?
Masih asing di telinga saya saat itu. Istilah google sandbox adalah penghapusan URL suatu artikel dari index google atau penurunan SERP secara segnifikan sampai jauh di halaman terbelakang pada artikel tertentu. Ini yang ditakutkan oleh seorang blogger jika sedang mengikuti kontes SEO.

Mengapa hal ini dapat terjadi pada sebuah web/blog?
 Jawabnya singkat saja karena banyaknya backlink inbound untuk url tersebut, terlalu banyak kata keyword yang berlebihan pada artikel. Tetapi yang saya alami adalah terlalu banyak submit dan ping ke search engine. Akibatnya google menganggap artikel kita sebagai spam dan menyingkirkan kehalaman yang paling belakang.

Bagaimana mengatasi google sandbox?
Pertama yang perlu dilakukan menurut saya update kembali artikel yang terkena kemudian kurangi backlink inboud dan keyword-keyword yang berlebihan. Jangan terlalu banyak dan sering melakukan ping, usahakan 3hari sekali saja cukup. Tindakan saya jangan ditiru dengan dikira banyak ping dan submit blog akan naik peringkat SERP nya.

Itu saja pengalaman saya saat pertama kali terkena google sandbox. Apa pengalaman sobat blogger sekalian? Silahkan share untuk berbagi pengalaman…

15 Komentar untuk "Pengalaman Kena Google Sandbox"

  1. oh begitu sob pengalamanmu, jadi jangan kebanyakan keyword juga gak bagus ya ??

    BalasHapus
  2. yups sob...
    terlalu banyak keyword pada 1 halaman posting tidak baik juga...nanti dikira spam oleh google..jadinya kan di singkirkan..

    BalasHapus
  3. menurut agan berapa kira2 baiknya keyword per artikel?

    BalasHapus
  4. syukur blum prnah nglami yg bginian ngeri juga, btw pke blogger kok msh srg ngeping kyknya sdh di ping scra otomatis shingga terindeks oleh SE.

    BalasHapus
  5. @and: tanya ke master2 blogger saja gan..masih awam ne.hehe..

    BalasHapus
  6. kalau submit blog ke social bookmarking itu juga bisa menyebabkan kayak gini ya..

    BalasHapus
  7. kalau ke bookmarking tidak gan..ke search engine saja kayanya..karena terlalu banyak submit ke google jadi di anggap spam..

    BalasHapus
  8. wah...ngeri kalo dengar sandbox.
    bagus gan,bisa buat warning kita-kita yang baru ngeblog
    salam kenal.ditunggu kunjungannya

    BalasHapus
  9. Saling folow bisa kali ya..
    Hehehheeh...

    BalasHapus
  10. saya juga baru tau nih sob kata sandbox disini,,dan apa efeknya,,

    BalasHapus
  11. Google Sandbox biasanya ngincer artikel yg sering copy paste punya orang lain...

    BalasHapus
  12. wah yang sering copas artikel punya ku gag kena tu gan...di pencarian google malah tinggi punya tu orang...

    BalasHapus
  13. mesti waspada nih..iar gak sia2 perjuangannya...hehe

    BalasHapus
  14. mungkin belum sandbox juga sih selama masih ke index sama google, kalau memang posisi menurun bisa saja penyebab lain, tapi yah itu juga baru katanya,, haha, salam

    BalasHapus
  15. blog saya juga masuk google sanbox gann, dan sekarang sy lagi berusaha tuk mengeluarkan blog saya dari google sandbox...

    BalasHapus
Silahkan memberikan Komentar untuk kritik dan saran pada kolom dibawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel